Has no content to show!
Wednesday, 20 November 2013 16:25

Separuh Daerah Jatim Rawan Longsor dan Banjir

Written by 
Rate this item
(0 votes)

TEMPO.CO, Malang - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Timur menetapkan 18 dari 37 kota/kabupaten di provinsi itu siaga bencana banjir dan tanah longsor, Senin, 3 Februari 2014. Sejumlah daerah tersebut antara lain Malang, Batu, Pasuruan, Jombang, Situbondo, Banyuwangi, Kediri, dan Blitar. "Bencana rawan terjadi sampai akhir Februari ini," kata Kepala Pelaksana BPBD Jawa Timur Sudarmawan.

Sepanjang Januari terjadi bencana banjir maupun longsor di sejumlah daerah di Jawa Timur. Korban jiwa terbesar di Jombang sebanyak 14 nyawa. "Sekitar 65 persen wilayah berupa perbukitan dan gunung," katanya. Selain itu, tujuh aliran sungai besar mengalir sepanjang daerah di Jawa Timur.

Banjir dan tanah longsor berpotensi masih terjadi karena hujan dengan intensitas tinggi mengguyur Jawa Timur hingga dua bulan ke depan. Kepala BPBD Hafi Luthfi menjelaskan sepanjang jalur Malang-Kediri rawan tanah longsor dan pohon tumbang. Untuk itu, pengguna jalan diminta waspada dan berhati-hati melintasi kawasan tersebut. "Sepanjang jalan ada tebing yang rawan longsor," katanya.

Jalur rawan tanah longsor meliputi Pujon-Ngantang-Kasembon. Apalagi sepanjang jalur jalan berkelok dan banyak tikungan tajam yang berbahaya. Sedangkan sepanjang jalan berupa tebing serta jurang yang mengancam keselamatan pengemudi.

EKO WIDIANTO

Read 568 times Last modified on Friday, 28 April 2017 14:18
DINAS KOMINFO JATIM

Donec pulvinar, ligula sed volutpat rutrum, risus purus ullamcorper massa, at tristique risus nisi quis est. Suspendisse pharetra sagittis leo eget tincidunt? Maecenas ut consequat massa

Website: www.smartaddons.com/